Gagasan
Trending

Gresik Harus Mulai Melakukan Kajian Transportasi Massal Terintegrasi

Kawasan Penyangga denga Pertumbuhan Industri Tinggi

Gresik sebagai kota penyangga mungkin belum mengalami laju kepadatan tinggi seperti Surabaya, ataupun Kota penyangga seperti Sidoarjo. Namun potensi untuk berkembang menjadi simpul kemacetan setahun dua tahun lagi bukan hal mustahil.

Gresik sebagai kawasan penyangga, berpotensi melesat sangat cepat pertumbuhan ekonomi dan kelas menengahnya. Banyaknya BUMN dan perusahaan PMA memicu secara simultan pertumbuhan kelas pekerja sekaligus memicu pertumbuhan kelas menengah, khususnya generasi milenial dengan pendapatan antara 7-12 juta.

Kluster industri dipastikan mengarah ke Gresik dengan hadirnya kawasan Pelabuhan, belum lagi saat freeport benar-benar membangun smelter dan ekosistem pengolahannya di Gresik.

Sementara karakter masyarakatnya yang khas negara berkembang cenderung berinvestasi pada kendaraan dan mobil pribadi. Sangat berbeda dengan negara maju yang menyediakan transportasi massal secara nyaman sehingga publik lebih menyukai transportasi massal.

Lihat saja pada jam-jam tertentu beberapa kawasan mulai terlihat titik kemacetan. Ini sebenarnya warning yang harus segera dicarikan solusinya, menambah luas jalan dan volume jalan bukan hal yang mudah, costnya juga teramat besar.

Melakukan kajian komprehensif untuk solusi lalu lintas harus segera dilakukan. Terutama jika mengharuskan persiapan transportasi massal. Memikirkan sumber pendanaan, berkoordinasi dengan kawasan tetangga (jika ingin diintegrasikan dengan Surabaya).

Sebab selama ini banyak arah pembangunan Gresik yang tidak mengarah pada pelayanan kebutuhan publik, pembangunan stadion yang mangkrak misalnya tidak memberi konstribusi signifikan untuk kepentingan publik. Selain itu mengalokasikan dan mengkoordinasikan alokasi CSR untuk kegiatan yang produktif tidak sekedar membangun monumen-monumen yang bersifat simbolis semata.

Terlambat dalan membenahi transportasi akan berdampak pada kerugian yang luar biasa di masa depan. Kemacetan, energi yang terbuang, produktifitas yang terhambat akan melahirkan problem sosial yang serius.

 

 

ade bagus kusuma,

 

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close