Marketing Politik
Trending

Jika Temanmu Nyaleg!

Lihatlah maraknya sepanduk caleg yang bertebaran di jalan, pohon, dan tiang listrik. Perhatikan baik-baik, mungkin salah satu diantaranya adalah kerabat kita, teman sekolah, teman sepermainan, teman ngopi, atau teman satu team di game mobile legend dan PUBG.

Pahamilah bahwa temanmu itu memiliki keberanian yang luar biasa, bertarung dalam kontestasi yang keras, menyiapkan pendanaan yang cukup, mental yang  untuk diterjang lawan.

Jika kamu merasa punya visi yang sama, kamu bisa mulai menyapanya mengajak bicara atau sekedar ngopi sambil berdiskusi. Jika kamu melihat potensinya tinggi untuk diperjuangkan tidak ada salahnya kamu ikut membantunya menjadi relawan atau tim pemenangan.

Sambil fokus memperjuangkan kemenangan, fokuslah juga untuk mempersiapkan keterpurukan. Kekalahan dan kegagalan dalam politik adalah hal yang lumrah. Pastikan mental temanmu terjaga, ajak bicara jika dia mulai kalut. Berikan motivasi yang cukup dan semangat optimisme yang wajar, namun mulai ajak bicara juga strategi saat Kalah.

Buatlah mapping dan langkah evakuasi yang tepat jika mengalami kegagalan. Pelan-pelan pupuk kekuatannya juga untuk menghadapi kekalahan. Dia akan mengalami guncangan yang hebat saat kalah, malu bertemu dengan kolega dan tetangga adalah lumrah. Kekalahan dalam pemilihan akan menjadi sesuatu yang tak terlupakan.

Yakinkan dia bahwa pertarungan politik ini sama seperti kita main game of sultans.

Sudah itu dulu aja…warungnya mau tutup…

 

Ade Bagus Kusuma

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close