Politik

Kosakata Politik 2019, “Ndasmu, Bajingan, Bocor, Sontoloyo, Genderuwo, Diperkosa”

Akhir 2018, Jokowi pernah membuat istilah “Sontoloyo” begitu booming, kemudian disusul istilah “Genderuwo”. Menjelang Pilpres, Prabowo mempopulerkan “Ndasmu”, “Ibu Pertiwi Diperkosa” “Bajingan”.

Anda yang punya anak kecil menginjak usia kritis dalam bertanya, seperti anak saya yang berusia 6 tahun. Saya gagap saat harus menjelaskan istilah “sontoloyo”, apalagi kalau anak saya nanti bertanya arti kata “bajingan” dan “diperkosa”, saya harus mikir dalam-dalam saat menjelaskannya, harus tuntas jangan sampai dia googling duluan.

Sepantasnya kedua pemimpin harus mawas diri dalam berbicara. Apalagi berkampanye di ruang publik yang bukan saja meninggalkan jejak visual, namun juga jejak digital yang kadang diviralkan dan diulang-ulang.

Cukup pendukungnya yang saling mencaci dan memaki. Pemimpin haruslah bertindak meneduhkan..atau setidaknya berpura-puralah meneduhkan. Karena pada titik tertentu kedua kubu seolah membiarkan pertarungan banal ditingkat basis massa, adu buzzer dengan tebaran hoax yang sudah diluar nalar.

Entah sampai kapan bom waktu ini akan meledak, semoga saja tidak!

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close