Bisnis dan Marketing

Marketplace Mulai Ambil Ceruk Travel dan Hotel, Bagaimana Peluangya?

Masuknya Bukalapak dan Tokopedia Berpotensi Ganggu Tiket.com dan Traveloka

Saya sudah 3 bulan ini tidak pernah membeli tiket pesawat lagi melalui situs travel langganan saya dulu. Alasannya  sederhana, saya punya lapak di beberarapa marketplace terutama Tokopedia dan bukalapak.

Strategi kedua marketplace ini membuka jasa penjualan tiket pesawat dan hotel pasti berdampak pada berkurangnya pengguna. Ada beberapa alasan yang juga saya rasakan sendiri diantaranya:

  • Sebagai pelanggan toko online saya atau customer lainnya pasti sdh dapat banyak poin dan kupon yang bisa ditukar untuk dapat cashback atau diskon.
  • Sebagai penjual di toko online saya dan juga penjual lain pasti juga memiliki saldo yang ada di marketplace,  tentu ini memudahkan pembayaran.
  • Marketplace menjadi ajang pertarungan investor dengan saling menggandeng fintech dompet digital misalnya ovo dan dana yang sedang asik bakar uang dengan promo dan diskon.
  • Marketplace menjadi media Palugada (all in), untuk alasan tertentu kita tidak ingin menginstall aplikasi yang terlalu banyak padahal fungsinya bisa dicover dengan aplikasi yang lain.
  • Marketplace mempunyai jutaan produk, jutaan penjual, dan jutaan pembeli dimana sirkulasi dananya sangat tinggi sehingga mereka punya arus kas yang cukup untuk adu kuat dengan tebaran diskon dan point.

Maka bagi saya yang paling rasional adalah memanfaatkan kedua marketplace ini. Apakah saya loyal pada salah satunya, Tidak!

Saya akan membandingkan dan memilih siapa yang memberikan cashback terbanyak atau harga termurah.

Dalam situasi tersebut, marketplace semacam bukalapak dan tokopedia mudah sekali menambah item yang dijual. Seperti tiket, hotel, dll. Sementara aplikasi semacam tiket dan traveloka akan sulit menambah item penjualan produk barang seperti yg dimiliki marketplace.

Dalam situasi perang investor aplikasi seperti ini, bersikap pragmatis dan rasional adalah pilihan konsumen. Telan aja sampai muntah beragam diskon tersebut, mumpung mereka lagi adu kuat.

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close