Blogging
Trending

Menulis Tanpa SEO, Bebas dan Menyenangkan!

Saya mulai ngeblog sejak 2012, alasannya simple. Butuh membunuh waktu untuk melupakan kebangkrutan, biar tidak larut dalam kegalauan. Web pertama saya menggunakan CMS lokomedia buatan dosen Jogjakarta. Setelah beberapa bulan saya kemudian beralih ke platform wordpress.

Saya beruntung belajar mulai utak atik CMS lokomedia sebab saya dipaksa untuk belajar coding, css, html, sebab untuk bisa mengganti berbagai setting harus diotak-atik sendiri. Ada forum support tapi tidak terlalu banyak menolong. Sampai akhirnya saya lebih serius ngeblog dan menggunakan wordpress.

Melalui ngeblog saya sudah dapat 40 jutaan dari adsense. Tapi itu belum seberapa, melalui ngeblog saya juga sdh dapat proyek yang nilai totalnya sudah milyaran rupiah. Bahkan menyelesaikan beberapa proyek di luar negeri.

Sebab saya menerapkan standar SEO yang cukup ketat pada berbagai blog bisnis saya. Termasuk juga menggunakan berbagai tools optimasi dan plugins. Pada awalnya saya ngeblog dengan menggunakan model blog gado2…blog itu tetap ada sampai sekarang sudah menghasilkan ribuan dolar. Lalu saya mulai berpikir untuk menerapkan standar yang sama pada blog bisnis yg mulai saya buat, hasilnya proyek ratusan ribu dolar. Padahal saya tidak pernah beriklan semua pure karena tulisan dan optimasi web.

Namun sekarang saya mulai ingin menggunakan blog ini sebagai sebuah catatan harian yang merangkum gagasan, ide, harapan, atau sekedar tulisan ala kadarnya. Saya terinspirasi blog disway, dan juga quote dari Pramudya Ananta Toer

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi ketika Ia tidak menulis Ia akan Hilang di dalam Masyarakat dan dari Sejarah

Saya menulis apapun yang ingin saya tulis, tanpa terpaku jumlah kata, keyword, riset seo, dan segala tetek bengek yang menjadi prasyarat untuk merayu google bot agar datang dan menghampiri.

Menulis tanoa terpaku SEO sangat menyenangkan, nyaman, bebas berekspresi. Tidak ada borgol di tangan atau kecemasan kurang ini kurang itu.

Apakah saya akan terus menulis tanpa standar SEO? Khusus di blog ini saja iya. Blog penghasil adsense dan blog bisnis tetap mutlak menggunakan SEO. Bahkan saya terus belajar dan mengikuti standar SEO dari berbagai sumber dan forum.

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close