Politik

Nalar Sehat Sandiaga

Ketika Prabowo Subianto mendeclare kemenangan dan menyatakan diri sebagai presiden terpilih versi exitpoll internal, Sandiaga tidak ikut serta. Saya yakin Sandiaga Uno yang sudah menempuh pendidikan luar negeri mengerti betul mekanisme ilmiah dari penelitian dan riset quick count.

Apalagi selama ini Sandia banyak berkecimpung didunia investasi yang sudah demikian yakin dengan kalkulasi riset dan metodologi survey. Sandiaga masih cukup waras dan sehat secara mental untuk tidak mengikuti kehendak Prabowo, melakukan klaim sepihak dan menyatakan sebagai presiden terpilih versi exitpoll.

Sandiaga mungkin belajar banyak dari Jokowi, di saat semua lembaga survey dengan kredibilitas tinggi menyatakan Jokowi menang. Jokowi tetap tenang, tidak “mendeclare” sebagai presiden terpilih meski 100% lembaga survey menyatakan kemenangan Jokowi. Semua ikut aturan undang-undang, mengikuti ketentuan KPU dan diumumkan oleh KPU.

Saya melihat sandiaga mempunyai jiwa kenegarawanan yang tinggi, nalar yang sehat, dan pikiran yang jernih. Jika Sandiaga mampu mengendalikan pendukungnya untuk meredam sebaran hoax pasca pilpres, 2024 Sandiaga akan menjadi sosok yang sangat diperhitungkan menjadi next presiden.

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close