Politik
Trending

People Power

Bertanya pada milenial atau generasi Z soal People Power ibarat kita menanyakan dinosaurus diabad digital. Mereka, generasi saat ini lebih peduli dengan nilai2 universal yang mulai mengglobal melalui penetrasi beragam produk digital, game, aplikasi, dan segala macamnya.

Mereka mempunyai komunitas yang tersebar dalam beragam grup, mereka bisa menjadi anggota grup politik, grup pemain game, grup pembuat konten youtube, grup reparasi dan segala macamnya. Pergaulannya luas, mengakses beraga pikiran dan mempunyai empati terhadap sesama serta tidak mau diperintah tanpa rasional yang jelas.

Generasi ini, sangat memahami mana statemen orang yang mau kalah pilpres dengan orang yang tulus menggerakkan potensi bangsa. Jadi statemen Amien Rais, soal rencana people power hanya menjadi bahasan warung kopi yang tidak menarik banget.

Bahkan generasi milenial ini sebagian tidak tau kiprah Amien Rais di Jaman dulu, apalagi prestasinya.

Amin Rais, saya melihatnya akhir2 ini sekedar ingin menunjukkan eksistensinya dibidang politik, entah untuk tujuan apa. Padahal jika di perhitungkan secara matang, dia sdh tidak mempunyai basis massa yang jelas. Kemunculannya lebih pada momentum2 besar yang menghadirkan massa besar seperti event 212 dan 313 kemarin. Bukan dia yang menggerakkan massa, saya jadi bertanya apakan momen 1998 dia juga membuat trik yang sama? Hadir saat massa sudah terkonsolidasi matang dilapangan besar.

Puncak ketenaran Amien Rais adalah Pilpres 2004, itupun dia hanya ada diurutan 4 dari 5 kontestan. Kekuatan partai yang dia dirikan juga jauh dari harapan, sebagai partai yang lahir pada puncak reformasi PAN kini menjadi partai medioker.

People power lahir dari ketersumbatan kimunikasi, penindasan atas ruang ekspresi, yang justru saat ini ruang tersebut terbuka sedemikian luasnya dalam dunia yang unlimited.

Namun jika ada milenial yang bertanya

“Bro, Amin Rais itu siapa?”

“Beliau salah satu motor reformasi yang menggulingkan Soharto dan sangat anti KKN!”

“KKN itu apa bro?”

“Korupsi Kolusi dan Nepotisme, googling aja bro..tinggal pencet doang”

“Berarti Amin Rais Anti KKN, melarang keluarga, anak, mertua, dan menantunya memanfaatkan posisinya untuk jabatan politik baik di partai dan posisi lainnya ya bro?”

“Mmmmm ….nganu bro….apa ya ..nganu pokoknya, bentar aku pesen kopi dulu”

“Gak usah bro..aku sudah googling!”

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close