Politik
Trending

Sandiwara Politik!

Menjadi Badut Politik Ditengah Ketelanjangan Nalar Digital

Ketidakcermatan dalam membangun sandiwara politik hanya akan menjadikan Capres dan Cawapres seperti pelawak yang gagap menghadapi kecerdasan penonton.

Hampir semua politisi bersandiwara, bahkan calon presiden juga membangun plot drama dengan narasinya sendiri. Hanya saja ada yang terlalu apes karena intelegensi netizen dengan mudah membongkar sandiwara tersebut.

Politisi dan konsultan politik yang selama ini menganggap pemilih dan konstituen sebagai subyek, bersiaplah terkejut! Jangan Sampai kalian yang malah lari tunggang-langgang karena ditelanjangi netizen.

Membangun sandiwara politik di era netizen berkuasa saat ini luar biasa sulit, jejak digital sulit ditutupi bahkan susah dihapus. Kalau Anda kelak ingin maju menjadi capres maka mulailah hati2 dengan segala bentuk jejak digital Anda.

Segala posting dan caci maki yang bisa mendowngrade kewibawaan dan kesalehan harus mulai dihapus pelan-pelan.

Ini bukan era televisi dan koran yang hanya mengambil sudut pandang terbaik dari penampilan. Mangambil gambar dari sisi terbaik wajah Anda lalu menyembunyikan bopeng pada sisi lainnya. Ini adalah era dimana kamera sudah bisa mengambil video 360 derajat dan drone membidik dari berbagai sisi lalu menyebarkannya ke seantero jagat dalam hitungan detik.

Maka menjadilah otententik, memoles apa yang bukan menjadi karakter hanya akan membuat kita seperti rombongan badut politik. Lihatlah Trump yang tetap kokoh pada citra dirinya yang angkuh, sombong, dan sangat percaya diri memberikan janji “American Great Again”.

Membangun karakter yang otentik namun sambil menawarkan visi yang kuat, rasional, dan terjangkau nalar. Jauh lebih efektif daripada sekedar membangun drama mahasiswi ngelamar jadi istri kedua, memeluk nenek-nenek diatas panggung, atau berdesakan di kereta api.

Percayalah, Membangun narasi dengan bumbu sandiwara politik yang kacangan hanya akan menobatkan Kita sebagai Badut politik semata!

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close