Bisnis dan Marketing
Trending

Seminar Importir Antara Gimmick Marketing dan Fakta Lapangan

Pernahkah kita merasa begitu tertarik dengan gimmick marketing yang beredar di timeline sosmed? Untung milyaran dari dropship, jualan online passif income, atau untung 300% dari impor!.

Jika Kita menjadi begitu antusias, sebaiknya segera tarik nafas dalam-dalam dan ambil secangkir kopi. Selow broo…, Kita sudah hidup di jaman informasi yang semburat tanpa batas, browsing dan googling dulu dengan keyword “pengalaman seminar A”, “review seminar A”, “penipuan seminar A”, atau “Hati-hati seminar A”.

Jangan sampai kita kecewa hanya karena enggak berkeras diri mencari info sebanyak mungkin. Bisa jadi seminar yang akan Anda ikuti begitu biasa, tidak boombastis, bahkan banyak tersedia di internet beragam infonya.

Kenapa seminar semacam itu begitu laris, setidaknya bisa kita list beberapa alasannya:

  • Anda tergiur cepat kaya, kerja mudah, sukses kilat.
  • Anda merasa bisnis impor rumit dan ruwet, padahal tidak.
  • Anda merasa akan punya akses khusus dan kemudahan dalam impor barang, padahal belum tentu.
  • Anda merasa akan untung 300%, padahal importir sudah banting bantingan harga harga di platform ecommerce semacam bukalapak dan tokopedia. Bahkan kita bisa beli melalui penjual luar negeri di shopee, ali express atau ali baba.

Oke, kita kembali ke seminar importir, menurut pengalaman beberapa kawan yang sudah mengikuti, berikut ini analisa yang bisa saya sampaikan:

  • Pada tahap awal mereka akan memasang video atau foto berada di gudang dengan tumpukan barang entah gudang milik siapa.
  • Mereka mengatakan membeli barang langsung dari manufaktur. Bro, manufaktur akan sibuk dengan berbagai order dan distribusi produk di seluruh dunia, perusahaan besar akan fokus pada sistem penjualan, kl kita beli sekali spot cuma satu dua kontainer Anda tidak akan dapat previlige apapun, kemungkinan Anda akan diajak oleh manajemen seminar importir untuk keliling di pasar grosir china semacam yiwu atau home industri dengan kualitas rendah.
  • Mereka akan bilang bisa mengakses pabrik dan manufaktur tapi tidak menunjukkan foto dengan CEO atau di bagian dalan pabrik, biasanya mereka akan foto di gudang dengan tumpukan kardus atau di pusat grosir China, atau di home industri China.
  • Mereka biasanya membuka awal seminar dengan harga murah 100ribu-200ribu dan anda hanya diberi motivasi dan cerita sukses impor barang dari China, dan diberi sedikit uraian untuk menggiring kita mengikuti seminar lanjutan lebih ekskkusif.
  • Seminar lanjutan bisa menggila harganya sampai 6 juta atau lebih dengan alasan Anda akan dapat member ini, kemudahan ini, padahal mereka hanya memberi info tentang impor dengan undername, atau bahkan cara belanja online di luar negeri.
  • Seminar lanjutan ini kadang belum cukup, mereka akan menawarkan member khusus dan perjalanan trip ke China dengan harga yang berbeda.

Lalu bagaimana jika Anda ingin benar-benar menjadi importir? So, yang pertama Anda harus punya plan yang jelas, apalagi jika punya dana yang cukup. Sebaiknya lakukan sendiri dulu gathering info dan lakukan langkah berikut:

  • Cari info tentang produk yang Anda minati, jika ingin impor dengan jumlah besar bisa akses situs semacam Ali Baba disana banyak suplier bahkan manufaktur, lakukan komunikasi detil dengan CS nya, biasanya CS sangat responsif, tanya detil tentang barang, pengiriman dan lain2. Bandingkan dengan perusahaan atau manufaktur lain.
  • Kontak Ship forwarder yang tentu jauh lebih pengalaman dibanding manajemen seminar importir itu. Silahkan Anda bertanya detil jika perlu berkunjung ke kantornya untuk memastikan reputasinya. Anda bisa bertanya tentang import, tarif, jasa undername, perijinan dll. Ingat forwarder ini adalah backbone utama sistem ekspor impor.
  • Anda juga bisa meminta kontak orang yang ada di China melalui Ship Forwarder ini jika ingin melakukan kunjungan langsung.
  • Jika cukup modal, jalin relasi dan komunikasi dengan orang di china yang tau produk, misalnya customer service salah satu perusahaan di Alibaba, atau mahasiswa yang kuliah di China dan Anda bisa travelling kesana sekedar riset dan jalan-jalan.
  • Jika Anda cuma ingin coba-coba impor kecil-kecilan satu atau dua barang bisa pakai aliexpress.
  • Lihatlah berbagai importir besar atau agen distribusi barang impor, mereka bekerja keras dengan memulai segalanya dari nol, berkeringat membangun jaringan, mencari info sebanyak-banyaknya, rugi dan bangkrut sudah pernah dialami. Semua itu tidak sesederhana yang disampaikan oleh seminar impor.
  • Silahkan cek dari ratusan ribu peserta yang pernah ikut seminar importir berapa persen yang akhirnya mampu bertahan atau sukses dengan mulus.
  • Setiap bisnis ada tantangan tersendiri, zaman semakin mudah, kita punya smartphone yang begitu ajaib dan praktis, menembus batas tiap negara bukan hal yang mustahil, manfaatkan anggaran finansial Anda dengan bijak.

 

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close