Politik
Trending

Status KKB Papua Kemungkinan Tidak Ditingkatkan Hingga Pilpres Selesai

Menyoal peristiwa berdarah di papua yang semakin meningkat eskalasinya. Jelas memantik kegeraman banyak kalangan, baik dari Internal kekuasaan, oposisi, maupun, dari pihak Pro Papua merdeka.

Sejak pembantaian pekerja sipil di Nduga Papua, seolah menjadi sinyal bahwa KKB Papua tidak lagi punya pilihan. Pembangunan besar2an dan terbukanya isolasi di pedalaman akan mempersempit ruang gerak, memudahkan sirkulasi barang, dan meratanya persebaran geografis penduduk. Pilihan melawan menhadi hal yang paling rasional dilakukan oleh KKB.

Bagi pemerintah ada beberapa kegalauan yang masih menjadi ganjalan, terutama Jokowi selaku kepala negara, diantara:

  • Papua adalah basis pendukung solid Jokowi.
  • Papua telah menjadi pertarungan ekonomi Global antara freeport dengan Indonesia.
  • Indonesia sedang berjuang untuk kampanye sawit agar diterima dunia.
  • Papua menjadi salah satu tolok ukur pembangunan berbasis demokrasi dan kesetaraan yang menjadi perhatian dunia.
  • Papua menjadi isu hangat karena didukung oleh negara2 tetangga yang pro Papua merdeka.

Jadi meskipun, tentara kembali gugur kemungkinan meningkatkan status KKB papua menjadi kelompok separatis masih jauh, masih banyak pertimbangan yang dilakukan pemerintah, apalagi saat ini tenaga dan pikiran tersedot ke Pilpres 2019.

Moeldoko sendiri, sebagai Mnatan Panglima TNI dan sekarang masuk lingkaran dalam kekuasaan, mengatakan ada pertimbangan implikasi politik luar negeri dalam menaikkan status penumpasan KKB Papua. Namun Moeldoko mengingatkan, jangan sampai pertimbangan itu membuat prajurit TNI menjadi korban KKB.

“Ya, memang ada mempertimbangkan implikasi politik luar negeri, tapi jangan sampai pembatasan itu mengorbankan prajurit (TNI),” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha KSP, seperti dikutip dari Detik.com

Pihak oposisi pun kelihatannya masih wait and see, tidak ada upaya keras dan kampanye untuk meningkatkan status KKB Papua menjadi kelompok separatis, sebab jelas ada hitungan untung rugi terkait citra internasional dan pengamanan suara. Sebab pergerakan kubu oposisi juga pasti dipantau oleh Internasional.

Ade Bagus Kusuma,

Tukang Kayu dan Tukang Cat, tinggal di Gresik

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close