Marketing Politik
Trending

Strategi Kampanye Politik di Facebook Buat Caleg

Panduan Buat Caleg dan Kepala Daerah

Marak spanduk politik di jalanan masih belum mampu menggusur startegi periklanan digital, terutama media sosial, khususnya lagi facebook. Padahal penggunanya saat ini terus tumbuh dan mulai banyak didominasi oleh kelompok usia matang (dewasa) sebab milenial mulai banyak beralih ke instagram.

Namun bukan tidak mungkin kita bisa meraih ceruk pasar mulai mileanial, pemilih pemula, hingga pemilih usia mapan.

Memanfaatkan kampanye melalui saluran sosial media saat ini terlihat hanya dilakukan sambil lalu, terutama oleh para caleg. Kampanye sosial media juga dilakukan secara kurang terukur, bahkan banyak yang menggunakan facebook pribadi untuk saluran kampanye padahal facebook sudah menyediakan tools yang istimewa yaitu FANPAGE.

Fanpage, Media komunikasi Politik Wajib bagi Caleg

Facebook menyediakan fanpage bukan tanpa pertimbangan dan perhitungan. Fanpage adalah toko yang menjual branding merek dan citra diri. Fanpage mempunyai banyak fitur yang cukup power full, diantaranya:

  • Fanpage bisa dikelola secara tim.
  • Fanpage menyediakan matrix dan data yang akurat tentang jangkauan pemirsa dan keterlibatan sehingga mudah dianalisis.
  • Fanpage bisa diintegrasikan dengan email, whatsapp, bahkan halaman website.
  • Fanpage bisa digunakan untuk push iklan postingan atau gagasan yang akan disampaikan.

Planning, Aksi, dan Analisis

Dengan facebook, kampanye politik bisa diukur dengan sangat akurat. Target audience bisa di mapping dengan tepat, pesan dan efek viralnya bisa diukur akurat. Maka segera lakukan langkah sebagai berikut:

  • Buat perencanaan isu atau solusi atas persoalan yang ingin diangkat. Bisa dilakukan dengan cara polling atau jika Anda sudah punya gagasan yang ada bisa mulai dimapping.
  • Rencanakan penjadwalan posting yang kontinyu dan konsisten.
  • Pertama bisa mulai memposting gagasan atau isu dalam ruang lingkup yg lebih luas namun semakin lama semakin mengerucut tajam sehingga gagasan-gagasan menjadi lebih realistis untuk diterapkan jika kelak Anda terpilih.
  • Evaluasi hasil postingan, seberapa banyak audiens yang merespon, like, dan sharing.
  • Perhatikan postingan menarik apa yang disambut antusias oleh audience, pertajam untuk postingan berikutnya.
  • Jika ada audience yang mulai tertarik dan merespon dengan baik bisa lakukan kontak lebih intens untuk membangun jaringan relawan.

Jadilah Jujur dan Otentik, Pengguna Sosmed Bukan Orang Bodoh

Kita tidak bisa tampil berpura-pura karena jejak digital sangat mudah ditelusuri. Jadilah diri sendiri dengan gagasan dan komitmen yang memang mewakili karakter Anda. Tidak harus berpu-pura atau memanipulasi tampilan diri. Menjadi otentik adalah hal yang menarik, itu akan menjadi pembeda dibanding kandidat yang lain.

Pengguna sosial media terdiri dari banyak kalangan, kelas sosial, dan pendidikan yang beraneka macam. Mereka bisa jadi jauh lebih cerdas dari kita, sehingga hindari postingan yang bersifat menggurui dan terlalu hard selling.

Lemparkan ide dan gagasan Anda untuk memancing ide dan gagasan lain agar lebih tajam dan terukur, ajak follower atau pendukung Anda untuk ikut berpikir bersama bahkan berkolaborasi untuk memecahkan masalah.

 

Promosi di Media Sosial Facebook

Jika Anda punya fans 10.000 orang di fanpage, bukan berarti postingan akan muncul di beranda semua fans. Facebook menerapkan sistem “Bayar baru main”, artinya kita harus dorong postingan dan tulisan kita untuk muncul dengan beriklan atau berpromosi.

Budget iklan bisa kita atus agar tidak terlalu membebani. Tapi percayalah ini akan lebih efektif daripada Anda membuat pamflet atau stiker yang hanya akan jadi sampah.

Website, Email, dan Grafis yang Mendukung

Fanpage facebook haruslah diintegrasikan dengan berbagai saluran kampanye digital. Terutama website dan email. Website bisa menjadi entry point setiap ide, gagasan, program kerja, dan jadwal kegiatan.

Website Anda setidaknya harus memuat beberapa poin diantaranya:

  • Profile dan visi misi
  • Tulisan artikel tentang ide, gagasan dan solusi
  • Kontak pribadi, email, atau rekening jika anda membuka ruang untuk menerima sumbangan.

Selain itu, setidaknya kita punya ahli grafis yang bisa menyampaikan ide dan gagasan kita dalam bentuk gambar dan ikustrasi yang mudah dicerna dan disebarkan melalui beragam platform digital.

Sementara itu saja tipsnya, lain kali akan saya breakdown lagi lebih detil. Lagi mau survey rumah org yang mau pasang lantai kayu….

 

 

Ade Bagus Kusuma

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close