Gagasan
Trending

Supermarket Kayu Perhutani, Mungkinkan Akan Menjadi Kenyataan?

Supermarket Kayu Perhutani, Mungkinkan Akan Menjadi Kenyataan? judul tersebut adalah impian saya. Namanya juga mimpi tentu kita bebas berekspresi dan Juga berharap. Bermula dari saya yang awam kayu, lalu mulai berbisnis kayu, eksport kayu, dan mencoba beberapa membeli kayu perhutani tapi melalui pihak lain yang punya DO atau kontrak dengan perhutani. Khususnya Kayu olahan atau produk finish seperti lantai kayu dan decking.

Sabagai salah satu konsumen dan juga pelaku usaha, saya punya harapan besar agar BUMN perhutani menjadi sangat lincah, fleksibel, responsif, dan mudah dijangkau. Asetnya luar biasa besar, produknya terus tumbuh dan terdiversifikasi. Tapi sayangnya, telat untuk berubah cepat….lambat untuk menjadi lincah.

Memang sudah ada tokoperhutani.com, sebuah terobosan menarik ditengah kemudahan teknologi informasi. Semua menjadi serba online. Namun sayang, produk kayu yang dijual adalah Log lokasinya pun biasanya jauh di TPK yang ada diberbagai pelosok Jawa.

Padahal perhutani punya industri kayu olahan, pun produknya beragam. Kadang yang terserap adalah produk kayu berkualitas tinggi, sementara mutu bawah atau mutu C biasanya akan dijual dengan sistem lelang atau diskon. Sistemnya, Ribet! harus pengajuan dan menunggu berbagai jenjang tanda tangan, padahal tujuannya Jualan, kayu laku, sisrkulasi cepat, kas negara terisi.

Mungkin pada era dibawah 90-an, sistem seperti ini masih bisa dilakukan. Sebab untuk memantau stok kayu agar bisa dikendalikan pusat (Jakarta). Zaman sekarang, stok kayu yang digudang bisa di list secara detil dan dikomputerisasi datanya sehingga sebatangpun hilang akan sangat mudah dilacak. Maka harapan agar Perhutani mempunyai Supermarket Kayu masih berputar dan menjadi harapan saya.

Dibeberapa negara maju sudah banyak supermarket kayu yang mudah diakses, menyediakan beragam jenis kayu, sesuai grade, keriteria, dan ukuran. Terletak strategis di Kota ataupun di pinggiran Kota, mudah diakses dan dijangkau oleh pelaku usaha.

Supermarket Kayu ini saya optimis bisa memacu secara simultan berbagai pelaku usaha kecil menengah yang membutuhkan bahan baku kayu dengan jumlah kecil namun kontinyu dan pelakunya banyak. Berbagai produk kayu perhutani bisa terserap dengan cepat dan sirkulasi dana akan sangat transparan.

Saya yakin selama ini banyak pelaku usaha kecil yang sulit mengakses kayu berkualitas bakus. Mereka harus membeli bahan baku dengan harga yang cukup tinggi sehingga biaya produksi juga ikut tinggi.

Inovasi yang akan dilakukan perhutani saya yakin bisa memicu secara massif usaha kecil dan menengah dengan potensi pasar yang luar biasa.

Selain itu Supermarket ini juga bisa menjadi etalase bagi produk perhutani yang lain, seperti terpentin, Gondorukem, Minyak kayu Putih, dan bahkan booklet tempat wisata yang dikelola perhutani.

Kalau saya boleh berharap, Kira-kira kapan Perhutani akan mempunya Supermarket kayu dan hasil hutan yang bisa menopang Usaha Kecil menengah Secara massif?

 

 

Ade Bagus Kusuma

Tags
Show More

Ade Bagus Kusuma

Blog Pribadi Ade bagus Kusuma berisi tulisan alakadarnya tentang berbagai pengalaman dan hobi ngeblog, berbisnis, dan perjalanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close